Sri Paus Patahkan Dominasi Eropa dalam Pemilihan Kardinal Baru - Jurnal Kristen

Breaking

Recent Posts

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 10 Oktober 2016

Sri Paus Patahkan Dominasi Eropa dalam Pemilihan Kardinal Baru

Paus Fransiskus. (Foto: Gregorio Borgia/AP)
VATIKAN – Paus Fransiskus I mematahkan dominasi Eropa dalam pemilihan kardinal barunya. Total ada 17 pejabat tinggi Gereja Katolik Roma baru yang akan dilantik pada konsistori 19 November, malam Perayaan Holy Year of Mercy.
Seperti dilansir dari Belfast Telegraph, Senin (10/10/2016), tiga dari 17 kardinal pilihan Sri Paus berasal dari Amerika. Mereka ialah Uskup Agung Blase Cupich yang terkenal moderat di Amerika Serikat, Uskup Agung Joseph Tobin dari Indianapolis dan Uskup Kevin Farrel dari Dallas.
Sederet nama lainnya adalah para uskup berdarah Bangui, Republik Afrika Tengah, Port Luis, Mauritius dan Tlalnepantla, serta Meksiko. Hanya ada satu pejabat tinggi gereja yang berkebangsaan Italia. Dia adalah Mario Zenari.
Dikabarkan, dari 17 kardinal tersebut, yang paling menjadi favorit Paus keturunan Argentina itu ialah Uskup Agung Blase Cupich. Pastor yang satu ini disukai karena memiliki ungkapan kasih yang menonjol dan ramah pada segala aspek gereja Katolik yang membosankan karena terlalu konservatif.
Sementara itu, pencalonan Uskup Agung Tobin diindikasikan sebagai apresiasi dari Paus Fransiskus dalam mendukung biarawati AS. Tobin merupakan orang kedua di Vatikan yang sudah menjalani pelayanan 2 tahun mulai 2012.
(Sil)

Sumber: news.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here