Apakah orang Kristen dan Islam menyembah Allah yang sama? - Jurnal Kristen

Breaking

Recent Posts

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 27 September 2016

Apakah orang Kristen dan Islam menyembah Allah yang sama?

Jawaban terhadap pertanyaan ini tergantung kepada apa yang dimaksud dengan ”Allah yang sama.” 

Tidak dapat disangkal bahwa pandangan Islam dan kekristenan terhadap Allah memiliki banyak kesamaan. Kedua-duanya memandang Allah sebagai yang Berdaulat, Maha Kuasa, Maha Tahu, Maha Hadir, Maha Suci, Maha Adil, Maha Benar. Baik Islam maupun kekristenan percaya Allah yang Esa; Pencipta segalanya. Dalam definisi ini, ya, benar, orang Kristen dan Islam menyembah Allah yang sama.

Pada saat yang sama, ada perbedaan-perbedaan yang hakiki antara Kristen dan Islam dalam pandangannya terhadap Allah. Walaupun kaum Muslimin memandang Allah sebagai Allah yang memiliki atribut kasih, pemurah dan penuh rahmat, Allah tidak mengungkapkan atribut-atribut ini sebagaimana di kekristenan. 

Perbedaan paling menyolok dalam pandangan Islam dan Kristen mengenai Allah adalah mengenai inkarnasi. 

Orang Kristen percaya bahwa Allah telah menjadi manusia dalam diri Yesus Kristus. Orang Islam memandang konsep ini sebagai penghujatan terbesar. Kaum Muslimin tidak pernah bisa menerima konsep pemikiran bahwa Allah pernah menjadi manusia dan mati demi menebus dosa-dosa dunia ini. 

Iman bahwa Allah Putera telah berinkarnasi dalam Pribadi Yesus Kristus sangat mendasar dalam iman kepercayaan Kristen kepada Allah. Allah Putera telah menjadi manusia sehingga Dia dapat berempati dengan manusia, dan yang lebih penting, Dia bisa menyediakan keselamatan, melalui penebusan dosa manusia di kayu salib.

Jadi apakah orang-orang Kristen dan Islam menyembah Allah yang sama? Ya dan tidak.

Barangkali pertanyaan yang lebih tepat: ”Apakah orang-orang Kristen dan Islam sama-sama memiliki pengertian yang benar mengenai siapakah Allah itu?” Jawabannya jelas adalah tidak. 

Ada perbedaan-perbedaan yang sangat krusial antara konsep Kristen dan Islam mengenai Allah. Kekristenan percaya bahwa mereka memiliki pandangan yang benar terhadap Allah karena tidak mungkin akan ada keselamatan kecuali kalau dosa manusia sudah dibayar lunas atau ditebus. 

Hanya Allah yang dapat membayar harga seperti itu. Hanya dengan menjadi manusia, Allah dapat mati untuk dosa kita dan melunasi hutang dosa kita (Roma 5:8; 2 Korintus 5:21).

Sumber : gotquestions.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here